Sunday, March 7, 2010

Prediksi Harga perak 2010 - 2011



Anda harus merencanakan ke depan untuk tetap optimis.Banyak orang dalam perkiraan harga perak akan melambung tinggi pada akhir 2010 dan awal tahun 2011, sama seperti yang terjadi pada 1970-an. Tentunya anda telah mendengar prediksi seperti sebelumnya, tapi fakta yang fundamental tetap kokoh untuk perak karena masih sangat undervalued kalau mengacu pada sejarah, dan undervalue bahkan terhadap emas. Sementara itu emas telah mendapatkan banyak perhatian dari investor ritel, berkat dorongan
terpadu oleh semua pihak di TV, Talk Radio dan Internet. Bahkan Yahoo! pada halaman depan harga emas di pajang pada
Market Summary . Namun perak tetap tidak jelas, yang melestarikan relatif sedikit investor yang kontra dengan media, sekarang ini harga perak dalam tahap peralihan menyaingi atau melebihi dari tahun 1970-an.

Perak saat ini bernilai kurang dari $ 17,75 per troy ounce dan berada di $ 20,88 per ounce pada Maret 2008. Setelah 18 bulan periode koreksi dan konsolidasi, harga perak tampak masuk ke tantanan yang tinggi, di bulan-bulan mendatang. Prediksi kami tetap bahwa kemungkinan harga perak untuk tahun 2010 dan 2011 sedemikian tinggi sehingga akan melebihi tingginya inflasi $ 48,70 per Troy ons dan harga dapat
berkisar mencapai $ 55 sampai $ 65 pada tahun-tahun mendatang.

Mengapa perak di pasar international diprediksi dengan harga tertinggi?
Dalam beberapa tahun terakhir, emas dan perak telah melebihi performa ekuitas dan real estat.
Karena sangat fundamental, tren ini akan berlanjut dalam beberapa bulan mendatang.
Ramalan untuk harga perak pada tahun 2010 dan 2011 didasarkan pada:
- Meningkatnya makroekonomi global, mata uang dan risiko geopolitik
- Peran Perak dalam sejarah sebagai uang dan penyimpan nilai
- Permintaan industri signifikan
- Investasi tumbuh signifikan dan permintaan

Emas, minyak, batubara, dan komoditas utama lainnya mendekati rekor tertinggi dalam
beberapa tahun terakhir karena meningkatnya permintaan dan rendahnya pasokan, risiko geopolitik dan kekhawatiran mengenai munculnya inflasi dan stagflasi - semua itu mengindikasikan ke harga perak yang lebih tinggi dalam jangka panjang.

Perkiraan harga perak menurut riset kurang lebih berjumlah 2,2 miliar ons perak di dunia pada tahun 1900 Walaupun mungkin terdengar sangat besar, Hari ini, ada kurang dari 1 milyar ons perak di atas tanah tambang. Lebih dari 90% dari semua perak yang pernah ditambang, telah dikonsumsi oleh fotografi global, teknologi, medis, pertahanan dan industri elektronik.

Sementara kelahiran fotografi digital pasti berkurang penggunaan perak di industri foto, yang didasarkan pada proyeksi arus dan kecenderungan penawaran dan permintaan, jumlah perak di atas tanah tambang jumlahnya mengecil karena permintaan telah melebihi pasokan bagi sebagian besar pertambangan sampai 20 tahun terakhir, Namun di dunia investasi hampir tidak ada yang menyadari fakta penting ini.

Mengapa harga perak tidak naik? Kami tidak percaya pada teori konspirasi. Peningkatan permintaan telah dipenuhi oleh pemerintah setempat dari persediaan yang ada, meskipun saat ini jumlah persediaan akan semakin menipis. Mereka termasuk Amerika Serikat, Cina, Rusia dan India cadangan. Sekarang 80% dari perak telah ditambang sebagai produk sampingan lainnya logam dasar seperti tembaga, nikel, seng dan timah. Dalam hal stagflationary global atau deflasi lambatan, Anda tidak bisa mengharapkan para penambang logam untuk meningkatkan produksi demi besarnya permintaan perak sebagai produk inti yang kemungkinan akan habis, dengan demikian semakin mengurangi pasokan ditambang perak.

Hanya ada beberapa tambang perak murni yang tersisa, semua dengan cadangan semakin menipis. Penawaran tidak fleksibel ini berarti bahwa kita tidak bisa mengharapkan pasokan tambang signifikan untuk menekan kenaikan harga. Semua fakta ini menggambarkan keadaan yang unik untuk perak.

Peningkatan permintaan industri terhadap perak,
Perak saat ini digunakan lebih dari sebelumnya dalam aplikasi tradisional seperti Perhiasan, cermin, baterai, peralatan medis dan peralatan listrik serta yang lebih baru seperti ponsel, televisi layar datar, laptop dan perangkat modern lainnya berteknologi tinggi. Bahkan kini perak sedang digunakan dalam berbagai jenis aplikasi medis antimikroba dan antibakteri yang berkualitas.Ada banyak proyek-proyek penelitian yang sedang berlangsung penggunaan senyawa berbasis perak untuk tujuan terapi dan antibakteri. Peningkatan permintaan dan aplikasi industri menyebabkan perak harga yang lebih tinggi seperti pertumbuhan ekonomi di Cina, India, Vietnam, dan Brasil. Mereka tumbuh kelas menengah kini menuntut kualitas hidup berstandar Barat dan dengan demikian permintaan perak kemungkinan akan meningkat.

Jadi prediksi harga perak untuk tahun 2010 dan 2011 didasarkan pada fakta bahwa ini adalah logam yang unik baik dalam hal moneter maupun industri logam. Perak dengan harga kurang dari $ 17/oz hari ini. Rata-rata harga nominal perak pada tahun 1979 dan 1980 adalah $ 16,39 per ons sampai $ 21,80 per ons.Pada hari ini bila dolar disesuaikan dengan inflasi pada tahun 1979 dan 1980 harga rata-rata sekitar dan $ 44 per ons sampai dengan $ 60 per ons. Ditambah dengan naiknya harga emas,  komplikasi geopolitik, pernah menurunnya nilai uang kertas dan berkurangnya pasokan perak, yang tampaknya ramalan tentang menggilanya
harga perak tidak bisa lebih menggila lagi.

Catatan penulis

- Seperti halnya emas, perak bisa didaur ulang tetapi besarnya permintaan     jauh  lebih besar dari pasokan
- Menurut pandangan Islam jaman dulu, nilai tukar emas samadengan 20 kali harga perak,tetapi saat ini  harga perak menjadi 50-60 kali lipat harga emas.........Bayangkan sendiri bila harga perak menjadi 20 kali lipat harga emas
                       

semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment